Tips Dan Saran Finansial untuk Manajemen Keuangan yang Lebih Tertata

Tips dan saran finansial akan sangat membantu tidak hanya untuk masyarakat kelas menengah ke bawah saja, tetapi juga untuk kalangan menengah ke atas. Hal ini disebabkan karena seiring berjalannya waktu, harga barang dan jasa semakin naik.

Tidak peduli berapa banyak uang yang kita miliki, jika kita tidak bisa menjaga dan mengaturnya dengan baik, uang tersebut akan habis juga. Banyak orang yang akhirnya mencoba untuk mendatangi atau membayar seorang ahli finansial untuk mendapatkan nasihat keuangan.

Tetapi, meminta pendapat dari ahli finansial tersebut pun akan membuat Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips dan saran mengenai manajemen keuangan yang dapat anda peroleh secara gratis.

– Buat Anggaran Pengeluaran

Untuk dapat sukses dalam mengatur finansial anda, tips dan saran finansial yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat dan mengatur daftar anggaran atau budget pengeluaran. Hal ini sangat penting dilakukan agar pengeluaran uang yang tidak jelas dan tidak terkendali dapat dihindari. Jika sudah membuatnya, segeralah perhatikan laju pengeluaran uang dan pemasukan. Dengan memperhatikan laju pengeluaran dan pemasukan tersebut, letak pemborosan atau kerugian pun dapat terdeteksi.

 border=

Ketika mengatur pengeluaran, anda mungkin akan sedikit merasa terbebani seperti anda sedang berada dalam diet yang ketat. Hal ini wajar dan sering terjadi karena ketika orang sering mengeluarkan uang untuk membeli barang atau jasa yang tidak penting untuk kelangsungan hidupnya dibatasi, orang tersebut akan merasa kalau dia tidak sebebas seperti dulu dalam hal mengeluarkan uang.

Dari sini juga dapat diketahui bahwa ketika anda merasakan hal tersebut, itu berarti anda sangat boros dan sering mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Memang tidak akan menyenangkan jika kita tidak dapat memiliki apa yang kita inginkan. Namun, hal ini sangat perlu dilakukan mengingat ini akan menjadi langkah pertama kita untuk hidup lebih hemat.

– Pecah Penghasilan yang Didapat Menjadi 5 Bagian Spesifik

Salah satu orang terkaya di Asia, Li Ka-Shing, memberikan sebuah tips dan saran finansial untuk mereka yang ingin mempunyai keuangan yang tertata. Tips dan saran tersebut adalah bagi penghasilan menjadi 5 bagian yang spesifik, yaitu biaya hidup, biaya sosial, dana yang digunakan untuk mengembangkan diri, dana refreshing, dan dana untuk berinvestasi.

Dengan membagi penghasilan yang kita dapat menjadi 5 jalur pengeluaran tersebut, ia menjamin bahwa kita akan semakin mempunyai kendali dalam finansial kita. Keuangan dapat diatur dengan mudah dan lebih tertata. Dengan 5 bagian spesifik itu pula, laju pengeluaran uang dapat terlihat secara spesifik ke mana saja perginya dan habis berapa setiap bulannya. Selain itu pula, anggaran-anggaran pengeluaran yang akan membengkak dapat dihindari dengan cara tersebut.

Salah satu contoh keunggulan dari tips dan saran finansial dari Li Ka-Shing adalah terkait dengan kehidupan sosial. Kita mempunyai banyak teman atau rekan yang sangat sering dan suka bersenang-senang sembari menghamburkan uang. Ketika rekan kita tersebut mengajak kita untuk pergi keluar, sebelum menjawab apakah kita ingin ikut pergi dengan dia atau tidak, kita bisa melihat terlebih dahulu dana yang kita batasi untuk kehidupan sosial kita.

Jika sekiranya jalan bersama rekan kita tersebut akan menghabiskan banyak uang yang melebihi budget sosial, alangkah lebih baiknya jika kita menolak tawaran tersebut. Dengan cara seperti ini, pengeluaran yang tidak penting akan dapat dihindari dan keuangan pun akan menjadi lebih aman.

Melalui salah satu tips dan saran finansial dari salah satu orang terkaya di Asia itu pula, kita bisa belajar untuk mengatakan tidak pada pengeluaran yang hanya akan menghambur-hamburkan uang kita saja. Berani untuk menolak dalam mengeluarkan uang untuk barang atau jasa yang tidak menjadi kebutuhan akan sangat membantu kita dalam hal menyelamatkan kondisi finansial. Itu akan menjadi tahap yang sangat berguna yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu langkah untuk menghemat keuangan yang didapat.

– Membuat Dua Rekening Di Bank

Tips dan saran finansial berikutnya yang dapat menjadi penyelamat keuangan anda adalah dengan membuat dua rekening di bank. Kedua rekening tersebut pastinya mempunyai tujuan yang berbeda. Rekening yang pertama akan diperuntukkan sebagai rekening simpanan, dan yang kedua akan digunakan sebagai rekening untuk pengeluaran rutin. Rekening simpanan yang dibuat akan digunakan murni sebagai tempat kita menyimpan penghasilan yang baru didapat.

Rekening ini tidak boleh diotak-atik dan digunakan kecuali jika ada kebutuhan yang sangat mendesak. Rekening simpanan tersebut akan menjadi antisipasi bila tiba-tiba kondisi keuangan kita menurun drastis. Sementara itu, untuk rekening pengeluaran rutin, ini diperuntukkan secara khusus sebagai simpanan yang boleh digunakan. Tetapi, walaupun boleh digunakan secara rutin, cobalah untuk menghindari pengeluaran yang tidak penting. Dengan membagi rekening kita menjadi dua seperti ini, pengeluaran pun tidak akan tercampur dan lajunya akan dapat terdeteksi dengan mudah.

– Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit dapat menjadi penyelamat, sekaligus menjadi bencana untuk mereka yang boros. Kartu tersebut dapat menjadi penyelamat kita ketika kebetulan uang sedang habis sedangkan kita sedang butuh untuk membeli sesuatu yang penting. Akan tetapi, kartu kredit dapat menjadi bencana jika kita menjadi ketagihan dan terobsesi untuk secara terus menerus memakainya. Satu tips dan saran finansial mengenai kartu kredit adalah jangan terlalu sering memakainya, dan jika kita memang tidak terlalu membutuhkannya, lebih baik jangan dibuat dulu.

Hal ini karena kartu kredit akan sering menawarkan promo dengan berbagai kemudahan yang sangat menggoda iman pemiliknya. Jika kita tidak hati-hati dalam menggunakannya dan tergoda oleh rayuannya, kita bisa terjebak di dalam lingkaran hutang dengan bunga sangat tinggi.

Selain itu, tips dan saran finansial lainnya yang berhubungan dengan kartu kredit adalah alangkah baiknya jika semua kebutuhan yang kita miliki dilunasi secara tunai. Walaupun memang sedang terpaksa, masih ada pilihan lain selain menggunakan kartu kredit yaitu dengan menggunakan kartu debet atau rekening untuk pengeluaran rutin seperti yang sudah disebutkan tadi. Dengan begini, sikap tegas akan kita miliki dalam mengatur urusan finansial.

– Jangan Gengsi

Di zaman sekarang, orang yang memiliki banyak barang bagus atau berteknologi tinggi akan merasa dipandang sebagai orang yang sudah sukses. Namun, perlu diketahui bahwa seberapa pun barang bagus yang dimiliki tidak menentukan seseorang sudah sukses di bidangnya.

Oleh karena itu, akan sangat lebih baik jika kita menghindari sikap gengsi untuk dapat pamer barang mewah atau dapat mengeluarkan uang yang banyak di depan rekan atau teman. Dengan begini, pengeluaran uang yang sangat tidak penting akan dapat dihindari. Itulah beberapa tips dan saran finansial yang dapat anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Melalui tips dan saran tersebut, diharapkan keuangan yang anda miliki dapat tertata lebih baik.